Fikiran Tenang Jadikan Istirahat Nyaman - Manuskrip University
Headlines News :

Misteri

National
Home » » Fikiran Tenang Jadikan Istirahat Nyaman

Fikiran Tenang Jadikan Istirahat Nyaman

Written By Unknown on Rabu, 06 Februari 2013 | 06.44


Oleh: Abdurrohim Al Ayubi

Setelah beberapa kali aku menulis cerita harianku, memang selalu membosankan bagi pembaca. Meski analisis “liar” ini tidak bisa lansung dapat diterima oleh semua orang, tapi hal ini telah aku rasakan sendiri selaku penulis. Namun, aku percaya pada kiai di pesantrenku. Ia telah mengutip dari pewaris nabi sebelumnya bahwa “Ahli ilmu tidak akan bosan meski harus ‘mendengar’ seribu kali”. Kalimat itu yang membuat hasrat ini untuk menulis cerita harianku walau harus seribu kali. Lagi pula, faedah menulis sangat beragam.

  Kali ini, sepertinya memulai cerita semalam sangat menyenangkan dan memiliki “akar” historis yang jelas. Sebelumnya fikirku, senior akan meningkatkan tugas pada bidang tulisan. Ternyata potret semalam telah memberikan penjelasan mengenai masih banyaknya kata yang tidak cocok untuk diterapkan pada sebuah kalimat. Perkiraannya aku tidak boleh melewati tugas ini jika masih banyak terjadi kesalahan. Akhirnya, aku dan temanku yang sama-sama mendapat tugas menerima pernyataan dari senior tetap harus menulis cerita harianku.

Setiap mengedit tulisan, banyak ilmu-ilmu yang menambah wawasanku dalam penulisan kalimat. Walau pun posisiku tidak sama dengan teman lain  yang cakap menulis berita, aku pun tidak mau kalah sebagai calon anggota Institut yang merasa dapat banyak ilmu dari senior. Dari tugas-tugas ini aku merasa menulis sudah menjadi hal biasa. Meski tidak dapat dipungkiri rasa malas itu sering datang ketika aku harus menulis. Untungnya, aku berusaha menanam rasa senang dan tidak membebankan agar tidak malas untuk menulis.

Bagiku jika kita terlalu banyak fikiran, akan sangat mengganggu waktu istirahat. Rasa itu aku rasakan setiap malam. Sampai mengira tidak pernah merasakan tidur nyenyak tiap malamnya. Merasakan tidur nyenyak selalu terjadi ketika aku berada di ruang sekretariat Institut. Entah apa yang aku fikirkan ketika tidur di tempat lain, padahal aku berusaha untuk bisa tidur dengan cepat diharapkan tidur dengan waktu yang panjang.

Semalam, aku tidak ada niat untuk tidur di sekretariat. Niat awalku ketika berbaring hanya untuk meregangkan otot yang tegang saat menyimak penjelasan senior. saat itu aku sangat pulas, sampai merasa telah 6 jam aku tertidur. Sebetulnya seperti itulah jika aku tidak memikirkan apa pun. Ragaku yang tegang tampaknya harus lemas ketika pikiranku tenang. Jika yang aku dengar dari cerita teman-teman yang lain, kebanyakan mereka tertidur jika datang pada waktu yang renggang.

Meskipun semalam aku tidur sejenak, bangunnya spontan aku tersenyum. Jarang-jarang tersenyum ketika bangun tidur. Setelah bangun tidur aku merasa harus pulang dan memanjakan tubuhku untuk istirahat, fikiranku aku akan tidur pulas malam ini. Di sepanjang jalan aku terhuyung-huyung di tambah aku menyengaja ketika di tempat yang sepi. Rasanya memang enak ketika badan lemas tanpa ada beban fikiran.

Setelah tiba di tempat tinggal, Aku justru tidak mengantuk. Perkiraanku bangun siang membuat aku memaksakan untuk tidur. Akhirnya aku ambil selimut untuk menutupi sekujur tubuh dari serangan nyamuk dan dari dinginnya malam. Tidur pun aku lanjutkan agar tenaga bertambah banyak serta menjadikan kekuatan untuk esok hari. Sekian!!!

(Robi)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Manuskrip University - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger