Teater Syahid “Tembak” Penonton - Manuskrip University
Headlines News :

Misteri

National
Home » » Teater Syahid “Tembak” Penonton

Teater Syahid “Tembak” Penonton

Written By Unknown on Rabu, 06 Februari 2013 | 03.50




UIN Jakarta, INSTITUT - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Teater Syahid kembali mengadakan acara mingguan di lapangan parkir Student Center (SC), Kamis (13/12). Acara yang diberi nama Temani Malam Bersama Apresiasi Kesenian (Tembak) mendapat antusias dari beberapa mahasiswa yang hadir.

 Awalnya acara tersebut bernama Panggung Apresiasi Teater Syahid (Pasrah). Namun, karena kegiatan Pasrah penonton terkesan malas-malasan ketika diucapkan Pasrah, nama Pasrah diganti dengan Tembak.

Ditemui di sela-sela acara, Pembimbing Teater Syahid, Akbar Fakhrizal menyampaikan, acara Tembak sebenarnya sama dengan acara Pasrah yang diadakan mingguan, dengan aturan MC menunjuk langsung penonton untuk pentas.

“Mungkin karena namanya pasrah, jadi penonton hanya pasrah dan penampilannya pun kurang maksimal saat di panggung,” katanya, Kamis (13/12).

Akbar menambahkan, kali ini Teater Syahid mengubah namanya menjadi Tembak tanpa merubah konsep sebelumnya.

“Dengan ungkapan Tembak, justru akan memicu penonton, apakah akan membiarkannya tertembak atau justru melawan,” jelasnya.

Acara Tembak memang tidak memiliki tema sebagaimana pertunjukan Pasrah. Sebab, kesenian yang ditampilkan bebas memilih tema apa saja.

“Pada dasarnya, semua orang mempunyai inisiatif, inspirasi, dan ide. Dan acara ini diharapkan penonton mau memberanikan diri untuk maju ke panggung,” ucapnya.

Acara Tembak sengaja tidak menggunakan pengeras suara, Agar aktor tahu kapasitas suaranya sendiri. Sebab,  pementaan-pementasan pada umumnya sering tidak memakai pengeras suara.

Di sisi lain, acara Tembak ingin memperkenalkan calon anggota baru Teater Syahid sebagai uji coba dalam membuat suatu pertunjukan tanpa ada sentuhan sedikit pun dari pengurus atau seniornya.

”Ketika ada campur tangan dari pengurus justru itu yang dianggap tidak bagus. Ini murni mereka (calon anggota baru) yang buat sendiri,” tambah Akbar.

Sebagai calon anggota baru Teater Syahid sekaligus menjadi aktor pada pertunjukan Tembak, Misbahudin mengungkapkan, dirinya sangat bangga saat menunjukkan talenta kepada publik atas hasil kerja kerasnya.

“Sebenarnya ini praktik kita yang pertama dan saya rasa masih banyak kekurangan, karena bagaimanapun juga kita masih dalam tahap pembelajaran. Mohon dimaklumi saja,” ungkap mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK).

Menurutnya, meski masih menjadi calon anggota, kegiatan ini menjadi tuntutan untuk terus berkreasi terutama dalam bidang teater.

Yahya Hidayat, salah satu penonton mengatakan, dirinya sangat terhibur dengan adanya pementasan Tembak. “Acaranya bagus, variatif, dan tidak membosankan,” ujar mahasiswa Fakultas Ilmu Dakwah dan Komunikasi (FIDKOM). (Abduroohim Al Ayubi)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Manuskrip University - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger